Tips Memilih Notebook

  • 3
Teknologi sangat cepat berkembang,sesuai dengan kebutuhan manusia. Dari sekian banyak teknologi komunikasi yang berkembang,notebook/laptop akan menjadi satu pilihan. Ada begitu banyak jenis laptop yang saat ini beredar di pasaran,mulai dari harga yang terjangkau sampai yang harus merogoh saku dalam-dalam. Kita dapat mencari notebook/laptop sesuai dengan kebutuhan,kualitas,dan mestinya harga yang terjangkau.
Maka dari itu kita harus hati-hati dalam menentukan suatu pilihan notebook.


Dibawah ini saya akan memberikan sedikit tips untuk memilih laptop:



1.Menentukan spesifikasi, notebook yang sesuai
Notebook memiliki berbagai spesifikasi seperti halnya dengan pc computer. Tentukanlah spesifikasi notebook yang ingin anda beli dengan kebutuhan anda, jika anda membeli notebook untuk menyelesaikan pekerjaan dengan hanya membuat ketikan-ketikan ringan dan sedikit hiburan musik saja anda cukup mencari notebook berprocessor ringan dan harga masih terjangkau semisal : Celleron@ 1,6ghz, Intel Pentium 4 @1,8ghz, atau bahkan Pentium 3 pun masih bisa menjadi alternatif pilihan anda.
Bagi anda pekerja designer,pembuat grafik dan membutuhkan notebook yang handal pilihlah notebook berprocessor seperti dual core, intel core duo,centrino duo,core2duo,amd athlon x2,atau amd turion. Namun harga-harga tadi masih lebih dari 7 jutaan,tergantung merk.

2.Pilihlah notebook dengan daya simpan data yang memadai.
Untuk menyimpan data pekerjaan anda,notebook harus memiliki kapasitas hardisk(hdd) yang optimal. Hdd berkapasitas rendah tidak akan mampu menyimpan data atau hasil pekerjaan anda. Karena hdd notebook harus berbagi ruang dengan OS nya,semisal windows xp. Notebook dengan kapasitas hdd rendah akan membatasi diri kita untuk menyimpan data atau melakukan penginstalan perangkat lunak lainnya.
Umumnya hdd notebook berkapsitas mulai dari 6gb sampai 10gb biasanya untuk pentium 1,2. Untuk hdd 20gb,40gb,60gb dan 80gb biasanya dipakai untuk notebook berpentium 3 dan 4.
Sedangkan notebook berprocessor diatas dual core mereka menanamkan hdd berkapasitas lebih dari 80 gb.
Namun jangan kawatir,karena notebook ber hdd rendah dapat di upgrade sesuai dengan kebutuhan anda.

3.Perhatikan RAM
Ram atau disebut sebagai memory merupakan tokoh sentral dalam badan notebook,ram merupakan pendukung kinerja processor pada notebook. Semakin besar ram,maka semakin optimal kinerja processor.
Ram itu sendiri mulai dari berkapasitas 32mb,64mb,128mb,256mb,512mb,1024mb (1gb) sampai dengan 2gb ke atas.
Ram juga mendukung penginstalan os dalam notebook.

4.Vga
Sebenernya kapasitas vga dibutuhkan untuk mendukung video pada layer monitor lcd notebook anda. anda Bagi yang memakai notebook hanya untuk mengetik atau membuat tulisan tulisan ringan,vga tidak jadi pertimbangan penting bagi anda. Namun bagi para designer dan yang menggilai diunia game,vga juga merupakan tokoh sentral. Maka baiknya anda sesuaikan dengan keperluan anda.

5.Kekuatan Battrey
Battery yang bagus dan tahan lama akan membantu meringankan beban anda. Maksudnya anda bebas berkreasi dimana aja tanpa harus tergantung pada listrik rumah. Jika anda membeli notebook baru alias new,pastinya kualitas battery mendapat dukungan kuat minimal 2jam lebih. Namun jika membeli notebook 2nd anda harus benar benar membutuhkan extra hati hati. Perhatikanlah kekuatan dan daya tahan battery,rata rata battray laptop 2nd sudah droup alias soak. Bukan berarti barang 2nd kurang bagus,namun anda harus pandai pandai memilih notebook. Banyak juga kok barang 2nd yang masih berkwalitas.
Perlu diingat,notebook bukanlah computer pc,yang bisa dinyalakan sepuas hati. Notebook memiliki keterbatasan pemaikaian.

6.Fasilitas dalam notebook
Notebook masa kini memiliki bermacam macam fitur yang bermanfaat sesuai kebutuhan anda. Semisal; anda suka bermain dalam dunia maya (chating) menggunakan hotspot maka anda bisa mencari notebook yang mempunyai wifi.
Masih banyak lagi fasilitas-fasilitas seperti bloetoth,fingerprint,cardrider,wabcam,modem,dan masih banyak lagi.

7.Tentukan Merk Notebook Anda
Merk dalam notebook anda merupakan kepercayaan pada diri anda.
Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan.
Baiknya anda menanyakan perihal merk notebook kepada teman dan rekan yang tentunya telah menggunakan merk yang anda minati.

8.Pastikan Garansi Notebook
Jika anda membeli notebook baru,baiknya tetap harus menanyakan garansi service notebook anda. Berapa lamakah garansi yang akan anda terima

3 komentar:

  1. tips tambahan: belilah di toko komputer yang terpercaya atau di toko resmi.

    BalasHapus
  2. kasih tau juga dunk..Tips memilih
    Lap Pel yang bagus...

    BalasHapus
  3. Nambahin aja, belilah notebook di orang IT profesional yang mengabdi sepenuhnya di IT dan ciri-cirinya websitenya ada dan didukung pelayanan service baik offline dan online ada Ym, telpon aktif,alamat yang jelas dan teknisi handal.

    BalasHapus

Terimkasih jika sobat mau meninggalkan komntar untuk post ini,Insyaalloh saya akan berkunjung ke Blog sahabat.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.