PHP dan OOP

  • 6
Syarat utama untuk menguasai CodeIgniter adalah memahami PHP dan konsep Object Oriented Programming.

Apa sih PHP itu?
PHP bukanlah Pemberi Harapan Palsu yang lebih banyak dipakai oleh kalangan anak muda jaman sekarang. Melainkan PHP:Hypertext Preprocessor adalah sebuah bahasa pemograman disisi server.
Ketika anda  mengakses sebuah URL,maka web browser akan melakukan request ke sebuah web server. Misalnya kita me-request sebuah file PHP,maka web server akan melakukan parsing terhadap file PHP tersebut. PHP parser yang menjalankan kode-kode PHP yang terdapat pada file index.php lalu mengirimkan hasilnya ke web browser.

Menggunakan PHP
Ketika ingin mempelajari PHP,hal pertama yang harus disiapkan adalah sebuah web server
seperti yang sudah dibahsa sebelumnya bahwa PHP merupakan bahasa pemrogaman disisi server.
Banyak sekali jenis web yang dapat digunakan antara lain adalah Apache,IIS,iPlanet,Omnni,dan lain-lain.Setelah web server terinstall barulah kita insstall PHP sebagai modul.PHP dapat diperoleh secara gratis dengan cara mendownload dari situs resmi PHP atau web lain yang mempunyai salinan program PHP untuk didownload
Sebelum menginstall PHP terlebih dahulu harus menginstall web server.
Setelah PHP terinstall anda dapat meletakkan source code PHP ke dalam sumber folder yang akan di publish oleh web server dengan extensi file.php

Jika tidak ingin direpotkan oleh proses konfigurasi dan implementasi webserver,anda dapat menggunakan software yang sudah terpaket menjadi satu antara PHP,APACHE,dan MYSQL. Semisal,xampp maupun appserv,anda dapat mendapatkannya secara gratis. Setelah mempelajari PHP,untuk belajar CodeIgniter anda sangat dianjurkan untuk belajar OOP atau Object Oriented Programming.

Apa sih yang disebut dengan OOP itu?
Obeject Oriented Programming (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada obyek. Semua data dan fungsi pada paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau obyek-obyek.Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur,setiap obyek dapat menerima pesan,memproses sata dan mengirimkan pesan ke obyek lainnya. OOP diciptakan untuk mengatasi keterbatasan pada bahasa pemrograman tradisional.Konsep dari OOP sendiri adalah semua pemecahan masalah dibagi ke dalam obyek.Dalam konsep OOP data dan fungsi-fungsi yang akan mengoperasikannya digabungkan menjadi satu kesatuan yang dapat disebut sebagai obyek.

Apa itu Object?
Sederhananya,sebuah obyek adalah kumpulan dari variabel dan fungsi yang dibungkus menjadi satu entinitas. Entinitas tersebut dapat berupa variabel biasa. Sebuah obyek diciptakan  melalui sebuah kelas atau dengan istilah instance of class. Obyek memiliki 2 eleman utama:
1.Attrubutes atau properties: Yaitu nilai nilai yang tersimpan dalam obyek tersebut dan secara langsung maupun tidak langsung menentukan karateristik dari obyek tersebut.
2.Method: Yaitu suatu aksi yang akan dijalankan atau dikerjakan  oleh obyek tersebut.

Apa itu class?
Class dapat didefinisikan sebagai struktur data atau cetak biru dari suatu obyek.
Lebih jelasnya adalah  sebuah bentuk dasar atau blueprint yang mendefinisikan  vaiabel,method umum pada semua obyek. Obyek sendiri adalah kumpulan variabel dan fungsi yang dihasilkan dari template khusus atau disebut class. Obyek adalah elemen pada saat run-time yang akan diciptakan,dimaniupulasi,dan dibuang ketika eksekusi.Adapun class merupakan definisi statik dari himpunan obyek yang mungkin diciptakan sebagai instantiasi dari class. Perhatikan contoh berikut ini:

<?php
/** Contoh Kelas **/
class Kendaraan{}
/** end of class **/
?>

Contoh diatas memperlihatkan bagaimana mendefinisikan sebuah class dan meng-create sebuah instance dari clas.Pada contoh diatas kita membuat sebuah kelas bernama "Kendaraan".Dalam pembuatan kelas,pertama kita menggunakan kata kunci class yang diikuti oleh nama kelas.kemudian diakhiri dengan kurung kurawal.Di dalam kurung kurawal kita menuliskan kode-kode(berisi property dan method) supaya kelas tersebut bekerja  seperti yang diinginkan.

Kode kode didalam kelas terbagi menjadi dua kelompok,yaitu property dan method.Property adalah suatu wadah penyimpanan di dalam kelas yang bisa menampung informasi.Sederhananya property itu bisa disebut sebagai variabel didalam kelas.Sedangkan method adalah fungsi yang ada didalam kelas.
Setiap property dan method memiliki identifier. Identifier lah yang mengatur bagaimana poperty dan method digunakan. Idenftifier terserbut adalah public,private dan protected. Private berarti method atau property yang ada didalam suatu kelas hanya bisa diakses didalam kelasnya. Sedangkan pada method atau property yang bersifat public berarti method atau property tersebut bisa diakses didalam dan dilluar kelas.

Inheritance atau dalam bahasa Indonesianya sisebut sebagai pewarisan adalah suatu cara untuk membuat sebuah kelas yang baru dengan menggunakan  kelas lain yang sebelumnya sudah dibuat.
Pada hubungan ineheritance ini,sebuah class turunan mewarisi kelas leluhur(parent class).
Oleh karena mewarisi,maka semua atribut dan method class dari induk akan dibawa (kecuali yang bersifat private),secara intrinsik menjadi bagian dari class anak.
adapaun keuntungan yang didapat dari inheritance menambah fitur baru pada kels anak dan mengubah atau mengganti fitur yang diwarisi dari kelas parent.
...............


Baca juga Pengertian CodeIgniter disini

6 komentar:

  1. kalau masalah php, buta huruf saya sob hehe... Thanks sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo php buta huruf tapi kalo OOP sudah mahir kan bro?

      Hapus
  2. hmm kalo bicara soal php dan oop ... saya angkat tangan dech :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh....saya gak menodongkan pistol lho...

      Hapus
  3. pak Hari angkat tangan , saya angkat kaki saja deh :D kabur.. puyeng

    BalasHapus

Terimkasih jika sobat mau meninggalkan komntar untuk post ini,Insyaalloh saya akan berkunjung ke Blog sahabat.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.